CINTA DAN KASIH SAYANG

Posted on

Makna dari cinta kasih adalah Cinta, secara bahasa ialah rasa sangat kasih dan sayang, atau sangat tertarik hatinya. Adapun dari segi bahasa, cinta adalah ungkapan perasaan jiwa, ekspresi hati dan gejolak naluri yang menggelayuti hati seseorang terhadap kekasihnya.Sedangkan menurut Kahlil Gibran, cinta ialah perasaan untuk dirinya sendiri. Cinta adalah kekuatan manusia yang paling tinggi. Cinta adalah sumber segalanya, kita tidak akan dapat mewujudkan setiap impian kita tanpa cinta.

Jadi menurut saya cinta kasih itu rasa belas kasihan(dengan tulus) antarsesama makhluk ciptaan Tuhan agar saling tercipta sebuah kehidupan yang harmonis, tentram dan damai.

Cinta sama sekali bukan nafsu. Perbedaan antara cinta dengan nafsu adalah sebagai berikut :

  1. Cinta bersifat manusiawi
  2. Cinta bersifat rohaniah sedangkan nafsu bersifat jasmaniah
  3. Cinta menunjukkan perilaku member, sedangkan nafsu cenderung menuntut

Cinta juga selalu menyatakan unsur – unsur dasar tertentu, yaitu :

  1. Pengasuhan, contohnya cinta seorang ibu kepada anaknya
  2. Tanggung jawab, adalah tindakan yang benar – benar berdasarkan atas  suka rela
  3. Perhatian, merupakan suatu perbuatan yang bertujuan untuk mengembangkan pribadi orang lain agar mau membuka dirinya
  4. Pengenalan, merupakan keinginan untuk mengetahui rahasia manusia

Cinta itu bersifat universal, cinta tak dapat dipaksa, dan cinta adalah kasih.

Kasih sayang

Pada dasarnya kasih sayang adalah fitrah yang dianugerahkan Allah SWT kepada mahluknya, misalnya hewan, kita perhasikan begitu kasihnya kepada anaknya, sehingga rela berkorban jika anaknya diganggu. Naluri inipun ada pada manusia, dimulai dari kasih sayang orang tua kepada anaknya, begitu pula sebaliknya. Akan tetapi naluri kasih sayang ini dapat tertutup jika terdapat hambatan – hambatan misalnya pertengkaran, permusuhan, kerasukan, kedengkian dan lain – lain.

            Sayang menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia di artikan kasihan.Oleh karena itu,kasih sayang diartikan sebagai cinta,kasih atau amat suka.Dengan demikian,maka sayang memperkuat rasa kasih seseorang yang diwujudkan dalam tindakan yang nyata,dan semua nya bersumber dari rasa cinta.

 

KASIH SAYANG DALAM KELUARGA

            Keluarga secara umum diartikan sebagi institusi terkecil di masyarakat. Dengan beranggotakan ayah, ibu dan anak. Umumnya kumpulan ayah, ibu dan anak ini disebut puladengan nama keluarga inti. Walau pun makna keluarga bisa meluas, seperti keluarga tani,keluarga buruh dan sebagainya, namun tulisan ini lebih membahas masalah kasih sayang dalamkeluarga inti.Kehidupan di dalam keluarga dan hubungan yang terjadi diantara anggota keluargatersebut, merupakan salah satu hal yang sangat diperhatikan dalam semua umat ber-agama.

            Seluruh aspek kehidupan ada aturan yang menuntunnya. Begitu pula dengan interaksi antar anggota keluarga.Tak dapat dipungkiri, keluarga sebagai institusi terkecil di dalam masyarakat memegang peranan vital. Ibaratnya bangunan, keluarga yang terdiri dari individu-individu ini merupakan pondasi bagi tertegaknya suatu masyarakat. Bisa dikatakan, keluarga yang baik akan mendukungterbentuknya masyarakat yang baik pula. Sehingga pembinaan dan pendidikan dalam keluarga juga sangat berpengaruh bagi kondisi masyarakat di mana suatu keluarga berada.

 

 

Kemesraan

 

            Kemesraan berasal dari kata mesra yang berarti erat atau karib sehingga kemesraan berarti hal yang menggambarkan keadaan sangat erat atau karib. Kemesraan juga bersumber dari cinta kasih dan merupakan realisasi nyata. Kemesraan dapat diartikan sama dengan kekerabatan, keakraban yang dilandasi rasa cinta dan kasih. perasaan sangat kasih; perasaan kasih yg berlebihan

 

            Ada pula, Tingkatan kemesraan dapat dibedakan berdasarkan umur, yaitu:

• Kemesraan dalam Tingkat Remaja, terjadi dalam masa puber atau genetal pubertas yaitu dimana masa remaja memiliki kematangan organ kelamin yang menyebabkan dorongan seksualitasnya kuat.

• Kemesraan dalam Rumah Tangga, terjadi antara pasangan suami istri dalam perkawinan. Biasanya pada tahun tahun wal perkawinan, kemesraan masih sangat terasa, namun bisa sudah agak lama biasanya semakin berkurang.

• Kemesraan Manusia Usia Lanjut, Kemsraan bagi manusia berbeda dengan pada usia sebelumnya. Pada masa ini diwujudkan dengan jalan – jalan dan sebagainya

 

Pemujaan

 

proses, cara, perbuatan memuja atau bias dibilang menyembah(arti kasar). Pemujaan adalah dimana kita memuja atau mengagungkan sesuatu yang kita senangi.Pemujaan dapat dilakukan dalam berbagai aspek seperti memuja pada leluhur,memuja pada agama tertentu dan kepercayan yang ada.seperti  Pemujaan pada leluhuradalah suatu kepercayaa bahwa para leluhur yang telah meninggal masih memiliki kemampuan untuk ikut mempengaruhi keberuntungan orang yang masih hidup. Bisa pemuja kepada Tuhan, dan terhadap sesama makhluk Tuhan.

 

Pemujaan juga salah satu manifestasi cinta manusia terhadap Tuhannya yang diwujudkan dalam bentuk komunkasi ritual. Kecintaan manusia terhadap Tuhannya tidak dapat dipisahkan dari kehidupan manusia. Hal ini ialah karena pemujaan kepada Tuhan adalah inti, nilai, dan makna kehidupan yang sebenarnya.

 

Cinta kepada rosul, yang diutus Allah sebagai rahmah bagi seluruh alam semesta, menduduki peringkat kedua setelah cinta kepada Allah. Ini karena rasul merupakan ideal sempurna bagi manusia baik dalam tingkah laku, moral, maupun sifat luhur lainnya.

 

 

Belas kasihan

 

Atau kepedulian adalah kasih yang ditunjukkan dalam suatu perbuatan. emosi manusia yang muncul akibat penderitaan orang lain. Lebih kuat daripada empati, perasaan ini biasanya memunculkan usaha mengurangi penderitaan orang lain.

 

Cinta kasih erotis

 

Cinta kasih kesaudaraan merupakan cinta kasih antara orang-orang yang sama-sama sebanding, sedangkan cinta kasih ibu merupakan cinta kasih terhadap orang-orang yang lemah tanpa daya. Walaupun terdapat perbedaan besar antara kedua jenis tersebut, Kedua-duanya mempunyai kesamaan bahwa pada hakekatnya cinta kasih tidak terbatas kepada seseorang saja. Berlawan dengan kedua jenis cinta kasih tersebut ialah cinta kasih erotis, yaitu kehausan akan penyatuan akan penyatuan yang sempurna, akan penyatuan dengan seseorang. Pada hakekatnya cinta kasih tersebut bersifat bersifat

 

cinta kasih adalah rasa sangat suka kepada ornag (cinta) pengakuan pribadi. Cinta Kasih Erotis adalah kehausan akan penyatuan yang sempurna, akan penyatuan akan seorang dengan yang lain, yang dicampurbaurkan dengan pengalaman ekspolif berupa jatuh cinta yang hakekatnya hanya sementara saja (hawa nafsu saja).

 

 

Referensi:

 

http://id.wikipedia.org

wawanoutsider.wordpress.com

galuhmeru.blogspot.com

id.wikiquote.org/wiki/Cinta_kasih

 

nama: tanio sutrisno

kelas: 1EA07

npm: 17212290

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s